Jumat, 11 Desember 2015

dusun sembada, desa karangreja karanggayam kebumen, desa wisata, tracking kampung

dusun sembada - karangreja - karanggayam - kebumen - jawa tengah,
desa wisata dusun sembada karangreja karanggayam kebumen
tracking keliling kampung


bagi yang ingin menikmati suasana alam desa, alam pegunungan, bisa jadi kampung ini dapat menjadi salah satu alternatif. suasana alami, dikelilingi hutan kampung yang sangat membangkitkan inspirasi. kita bisa melakukan tracking, berjalan menyusuri jalan setapak dengan suasana yang sangat asri.pertama anda akan disuguhi pemnadangan alam dengan peternakan sapi milik desa. puluhan ekor sapi menempati kandang di tengah kebun dan hutan kampung. perjalanan rute tracking berlanjut menyusuri jalan setapak. anda juga akan melintasi jembatan bambu yang menghubungkan daratan satu dengan daratan lain. tanpa air di bawahnya, tetapi jembatan bambu itu wajib adanya. dirangkai dengan tali bambu.


rute tracking semakin mengasikkan saat kita menyusuri kalen, sungai kecil nan asri tanpa pasir. dasar sungai kecil batu memanjang tanpa akhir. bening airnya. tanpa ada cemaran bahan kimia. orang kampung sini menyebutnya kalen susukan, sungai kecil yang dapat dijadikan sumber irigasi mini.airnya yang bersih alami dimanfaatkan untuk cuci dan mandi. terutama di siang hari..
jembatan bambu. tidak ada bahan yang dapat diambil dan dimanfaatkan selain pohon bambu yang tumbuh di sekeling kampung. bambu, pada generasi pendahulu, dijadikan bahan apa saja, bahan bangunan. untuk tiang bangunan, untuk dianyam menjadi dinding rumah.bambu ini diawetkan dengan model teknologi pedesaaan. ditebang sesuai dengan hitungan musim tebang untuk menghindari penyakit hama hewat pengerat dan bubuk bambu. semua direncakan dengan hisab (perhitungan) yang matang. bukan asal tebang. sehabis ditebang, bambu ini dipotong sesuai ukuran. untuk dijadikan reng bangunan, bambu ini dibelah menjadi empat atau enam sesuai dengan ukuran reng. untuk usuk dibiarkan seusai besar gelondongan. masuklah proses pengawetan dengan cara direndam dalam kolam yang berisi air dan lumpur. hitungannya kelipatan tiga. direndam minimal tiga hari. agar hasil lebih bagus direndam tiga minggu atau tiga puluh hari, atau tiga bulan dan seterusnya untuk menghasilkan pengawetan yang sempurna.

untukhttp://bali-of-indonesia.blogspot.com
powotan, jembatan bambu     
http://bali-of-indonesia.blogspot.com
powotan utawa brug pring kanggo mowot
papringan, iyub banget kanggo ngadhem
kita bisa menyusuri sungai kecil ini terus ke hulu.
semuanya serba alami. bahan makanan diambil dari alam. singkong diambil dari kebun sekitar. sayur daun singkong dipetik langsung nan segar. kita perlu berterima kasih kepada restoran padang yang telah mempromosikan dan mengangkat citra daun singkong menjadi sayuran bergengsi dan bergizi.  banyak tulisan yang memuat informasi tentang kandungan gizi daun singkong. kecilku dibesarkan dengan menu singkong. aku anak singkong. nasi singkong. sayurnya daun singkong. camilannya dari singkong. mainannya terbuat dari daun singkong. arena bermain di bawan rimbunnya pohon singkong. singkong, di kampunku ini disebut budin. tahukan anda, bahwa budin itu asalnya dari kata budi, budi itu akal. budin artinya jenis tanaman yang bisa di-akali- sak-budine. diakali agar dapat disajikan menjadi makanan yang mengunadang selera dan harga.budin, alias singkong bisa di-akali sehingga menjadi nasi pengganti beras. budin bisa dioleh menjadi getuk, keripik, kerupuk, goleh, sermiyer, klanting dan lainnya.


jika ingin menyegarkan tubuhpun kita bisa menceburkan diri.

kecehan nang kalen mbokol, ya maherel lhah
kecehan pancen kepenak banget, ora susah mbayar
kecehan nang kalen, karo glethek
http://bali-of-indonesia.blogspot.com
wong agi mowot
menyusuri sungai kecil bersih alami menjadi salah satu rute paling favorit.
anda juga bisa menyusuri ring country road, yang melingkar kampung. kiri dan kanan pepohonan, bambu, tanaman kayu nan sejuk.
bambu bisa dijadikan bahan bangunan. tiyang bangunan, dinding bangunan. kursi bambu, meja bambu, dinding bambu, pintu bambu. tikar bambu. pagar bambu. usuk bambu. reng bambu.  
bambu menjadi serba manfaat. di zaman revolusi melawan penajajah belanda, bambu menjadi sejadi nomor wahid bangsa ini. senajata "bambu runcing". bagaimana sikat heroik dan patriotik para pahlawan pendahulu kita memanfaatkan apa yang ada di sekitarnya untuk didayagunakan. bambu runcing pun dapat digunakan untuk melawan musuh penjajah yang menggunakan senajata modern.pola pikir alternatif sungguh luar biasa.
tak ada bedil, bambu pun jadi. tak ada senjata modern, senajat alam di sekitar kita pun dapat digunakan. bambu runcing. mereka tidak mengenal jenis makanan keju. yang mereka tahu hanya kata sifat '"keju", kaki mereka kadang merasa pegal-pegal. mereka katakan sakit "keju", kakinya terasa "keju", alias pegal-pegal.
tongkat bambu. tongkat pramuka dibuat dari bambu. perangkap ikan terbuat dari bambu, yang disebut wuwu.kerangka layang-layang dibuat dari bambu. walesan (batang alat pancing) dibuat dari bahan bambu.
leren dhisit, kesel banget nembe munggah gunung brujul
pisau untuk memotong ari-ari bayi yang baru lahir, terbuat dari bambu, yang disebut welat atau dilafalkan welad. welat atau welad, pisau kecil yang dibuat dari bahan bambu juga bisa digunakan untuk pisau pembersih usus ayam. pisau hasil pande besi terlalu besar untuk ukuran usus ayam.
maianan othok-othok juga terbuat dari bahan bambu. gasing alias panggal juga dibuat dari bahan bambu. nisan penanda kuburan juga dari bambu. celengan alias kotak tabungan ala wong ndeso juga dari bambu.
rombongan medhun gunung brujul
mainan anak-anak yang disebut egrang juga dari bahan bambu. tangga pun dari bambu. kandang ternak memanfaatkan bambu. tali juga dari bahan bambu. serok penggorengan terbuat dari bambu. tempat membawa sayur matang yang penuh kuah, juga dari bumbung, bambu. kentongan penanda waktu dan penanda orang siskamling alias ronda juga dari bambu. angklung dari bambu. gamelan bambu. seruling bambu. asbak bambu. anayamn bambu. gribik bambu. tabag bambu. tempat tidur alias amben bambu. plupuh (alas) tempat tidur dari bambu. oncor bambu. jeblugan bambu. tempat nasi dari bambu. tutur nasi dari bambu. kukusan bambu. centhong bambu.
untuk membawa sayur matang yang berkuah, digunakan bumbung bambu. penjual legen (air nira) menggunakan 'jerigen' bambu. kerangka langge, serok ikan besar, terbuat dari bambu. saluran air untuk menampung air hujan yang jatuh dari atap rumah juga terbuat dari bambu. menyalurkan air dari mata air ke rumah digunakan bambu. untuk membendung sungai agar menajdi waduk, digunakan bambu. membuat susukan, disebdung pakai bambu. atap rumah pengganti genteng, juga dari bambu. kurungan burung dari bambu. pikulan bambu. walesan bambu. alat hitung anak sekolah dari bambu. kerjainan tangan dari bambu.
kethewel
jika beruntung, anda akan menemui buah nangka yang siap santap, jika anda suka.
pace
buah pace yang segar juga bisa anda dapatkan. rujak pace.
nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?
buah hijau dan segar juga ada di sini.
kiye padha plesir apa arep glethek?

http://bali-of-indonesia.blogspot.com
ndandani powotan
untuk sampai lokasi ini. anda bisa menjangkaunya dari kota kebumen ke arah utara melalui jalan jalan barat sungai lukulo. kurang lebih tiga belas kilometer dari jantung kota kebumen. anda bisa naik angkot, naik bentor alias becak motor, naik ojek. tentu anda diperbolehkan membawa kendaraan sendiri. kendaraan roda dua, roda tiga, roda empat......tanyakan kepada penduduk yang anda lewati di mana dusun sembada desa karangrejo. dusun  dan desa ini berbatasan dengan desa peniron di sebelah selatan. sebelah timur sungai lukulo. sebelah barat ada gunung brujul. 
para penggemar batu akik dapat memburu bakalan batu akik di sepanjang sungai lukulo. banyak yang menyebut batu akik ginandong. dusun sembada desa karangrejo, sebagai bagian dari kabupaten kebumen bagian utara, memang kaya dengan bebatuannya. segala jenis bebatuan ada di sini. jika anda penasaran jenis bebatuan apa saja, anda bisa menanyakan kepada pakar bebatuan. ada laboratorium geologi melik institut teknologi bandung di sini. enam kilometer dari dusun sembada. 

sore hari, menjelang matahari terbenam, anda dapat  menikmati kawanan burung bangau putih terbang pulang ke kandang setelah mereka seharian merantau ke sawah kota mencari penghidupan. anda bisa duduk di jalan pinggir sungai lukulo untuk menikmati kawanan burung ini.  ada puluhan kelompok burung bangau. mereka terbang pulang menyusuri aliran sungai lukulo. jalur sungai menjadi jalur perjelanan pulang pergi. pagi hari menjelang matahari terbit, kawanan burung bangau ini pergi mencari sumber gizi. 
siapkan diri anda dan camera kesayangan anda untuk mengabadikan kawana burung saat pergi di pagi hari. siapkan kamera di sore hari saat mereka pulang kembali dari mencari gizi. 



dusun sembada - karangreja - karanggayam - kebumen - jawa tengah,
desa wisata dusun sembada karangreja karanggayam kebumen
tracking keliling kampung

5 komentar:

  1. apa ana penginepane?

    BalasHapus
  2. penginepan ya akeh lah...

    BalasHapus
  3. [19:03, 1/13/2021] Dwi Yuwono: Weeehhh,,,Karangreja hebat eeuuuii��
    [19:04, 1/13/2021] Dwi Yuwono: ISO jadi tempat tujuan wisata keluarga kiye'

    BalasHapus
  4. Melihat kembali gambar-gambar/foto pada postingan 11 Desember 2015 (sekarang 17 Juni 2022, 6.5 tahun yl) mendorong saya untuk mencoba mewujudkan impian selama ini? Apa itu? Kenapa hutan desa yang tampak ijo royo-royo tidak dimanfaatkan sebagai lahan angon ternak (kambing jawa atau domba)? Saya kira daripada tanah hutan itu nganggur, angon kambing saja di hutan-hutan itu. Sumber pakan melimpah, jadi tidak usah ngarit, tidak usah ramban. Cukup angon sekitar 4 jam lamanya perhari dari pukul 13:00 (ba'da Dhuhur) sampai dengan pukul 17:00. Bagaimana jika musim hujan dan hujan nggeyes sepanjang hari. Ya cukup diumbar di sekitar kandang. Kandang cukup beratap seng atau genteng, alas tanah dilapisi rumput atau dedaunan kering sebagai alas.

    BalasHapus
  5. Jika ada yang mau jadi tukang angon, tawarkan 10-15rb/perhari. Ya tugasnya angon dan ngawasi kambing-kambing itu. Jika tidak ada yang mau, kerjakan sendiri. Rancang rencana anda. Pagari arena kandang dengan kawat harmonika atau pagar kawat ANOA. Minimal 100m2 terpagar. Ini untuk kandang istirahat di malam hari. Atap cukup 6x6m dulu. Nanti bisa dikembangkan dengan melihat hasil perkembangan selama 1-2 tahun. Perlu dicoba

    BalasHapus