Minggu, 06 Desember 2015

menangkar perkutut

Menangkar Perkutut
Budidaya Perkutut
Beternak Perkutut 
Ternak Titiran 







Burung perkutut menjadi burung yang melegenda. Ketenaran, kehebatan, keajegan nama dan keberadaannya tidak mungkin tergantikan. Ketika burung kicaun ikut mewarnai jagat para penggemar burung, perkutut masih tetap memiliki pamor yang tak tergoyahkan.

Hari ini Desember 2015 saya harus memulai mencoba menangkarkan burung perkutut. Sebelumnya saya mencoba beternak burung kenari. Pertama mencoba kenari sepasang seharga 750rb di bulan ketujuh tahun 2015. Seminggu kemudian kenari itu bertelur. Telurnya empat butir. Hebat! Dua kemudian  saat yang saya tunggu-tunggu ternyata telur itu tidak menetas. Tidak ada tanda sedikitpun ada bakal burung baru dalam telur itu. Saya ambil telur itu. Tujuannya agar sepasang kenari itu segera birahi kembali dan bertelur. Benar, seminggu kemudian kenari itu bertelur. Sayang, baru dua malam mengeram, kenari betina mati. Gagallah telur itu menjadi kenari baru. Kenari jantan tidak lazim mengerami telur. Dengan demikian tidak mungkin mengharap kenari jantan bersedia menggantikan sang istri: mengerami telur istrinya. Karena keinginan dan rasa penasaran say berburu kenari betina. Iklan on line menjjanjikan seekor kenari betina. Singkat cerita kenari itu beralih tangan menjadi milik saya. Cukup dengan 150rb tahun 2015. 

Ternyata menjodohkan kenari tidak semudah cerita orang. Kenari itu tidak berjodoh. Setelah 3 bulan lebih tidak berjodoh, ya harus saya pisah kandang. Tidak berumur panjang, kenari betina itu juga mati. Jadilah kenari dua. 

Saya berlaih berpikir untuk memeilihara burung legenda, perkutut. Ikaln on line juga menjadi perantara saya dan pemilik. Tanggal 5 Desemnber 2015 sepasang perkutut saya beli 750rb. Untuk masa perkenalan di rumah baru, sepasang perkutut itu saya masukkan ke kandang (kurungan bambu). Saya juga terus selesaikan kandang dari kawat ram. Kerangkanya saya buat dari besi berlubang. Tidak perlu membeli karena saya 'memiliki' besi berlubang itu sudah lama. Saya simpan di gudang kecil. Krena itu hari ini saya turunkan dan saya rangkai kembali. Lumayan ukurannnya: 2 X 2 m. Panjang dua meter dan lebar juga dua meter.  Saya belikan kawat ram galvanis warna biru.


Video sepasang perkutut bercinta


Menangkar Perkutut
Membudidayakan Perkutut
Beternak Perkutut  
Ternak Titiran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar